Perancangan Komprehensif Sebagai Langkah Menuju Profesionalisme Arsitek

Arsitek.galihgumelar.org - Para pencinta dunia arsitek, jasa dibidang arsitektur merupakan bagian dari industri jasa konstruksi, dengan sendirinya mendapat banyak peluang dan kesempatan dan mempunyai andil yang sangat besar dalam perkembangan pembangunan di Indonesia.

Peluang dan kesempatan dalam industri jasa arsitek ini akan dapat diraih oleh pelaku yang dapat memenangkan persaingan di pasar, baik pasar lokal maupun pasar global. Sebagaimana profesi yang lain, profesi arsitek di Indonesia akan mendapat tantangan yang semakin besar, untuk itu tugas IAI dan kampus arsitektur menyediakan arsitek – arsitek profesional.

Sebagaimana perkembangan teknologi saat ini menjadikan kenyamanan manusia dan keselamatan manusia dalam menghuni bangunan bertingkat banyak dan bangunan- bangunan khusus yang kompleks. Integrasi antara seni dan teknologi menjadi syarat mutlak dalam perancangan bangunan masa kini. 

Arsitek profesional harus bekerja sama dengan ahli-ahli lain dalam bidang mekanikal, elektrikal dan struktur serta spesialis khusus yang lain seperti interior, kitchen, lighting, accoustic, landscape dan lain sebagainya. Pemahaman perancangan komprehensif diharapkan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Arsitek dan memberi nilai tambah keunggulan kompetitif bagi para arsitek lingkungan industri konstruksi dan persaingan global.

Sumber : Arsitektur Komprehensif dan sumber lainnya.

Previous
Next Post »