Mencermati Iklim Arsitektur Saat Ini

Arsitek.galihgumelar.org - Para pemerhati dan pencita arsitektur, waktu membuat perubahan jaman yang terus berjalan dengan seiringnya perkembangan teknologi dan informasi. Hal ini sangat mempengaruhi perkembangan arsitktur.

Salah satu gaya arsitektur yang masih banyak digandrungi saat ini adalah gaya arsitektur minimalis, dengan perkembangan jaman dan iklim yang terjadi saat ini, tema desain pun mulai bergeser. Terlebih ketika masyarakat dunia menyerukan global warming dan kemajuan teknologi.

Efek dari perkembangan informasi dan teknolofi tersebut, justru menjadi tantangan tersendiri bagi profesi arsitek untuk menciptakan hunian yang nyaman dan senantiasa bersahabat dengan alam dan mampu menjewantahkan perkembangan yang terjadi saat ini

Dari sudut pandang seorang arsitek, masyarakat pun makin cerdas dan peduli akan perlunya arsitek dalam membangun sebuah bangunan. Adapun desain rumah atau bangunan yang bergaya arsitektur tropis yang memperhatikan unsur alami diakui oleh sebagian arsitek, merupakan solusi bentuk rumah masa kini.Namun pesatnya perkembangan informasi, menjadikan banyak unsur lain masuk kedalam proses pendesaianan dan hasilnya.

Tak hanya bentuk, namun bahan material yang akan digunakan untuk pembangunan sudah mulai banyak pilihan dan alternatif, dengan demikian arsitek mau tidak mau selalu mencerati perkembangan dan kemajuan jaman tanpa menghilangkan unsur konsep konsep arsitek yang di dalamnya terdapat nilai nilai arsitektur.

Galih Gumelar
Previous
Next Post »