Beberapa Hal Yang Membuat Rumah Tidak Nyaman

arsitek.galihgumelar.org - Perlu diketahui jika setiap hari, kita telah melewati berbagai kekacauan. Tentu, kita ingin menemukan kedamaian di dalam rumah, namun apa daya bila rumah kita pun membuat kita tidak nyaman.

Apa saja yang dapat membuat kita tidak nyaman di rumah.

1. Terlalu banyak bantal

Beberapa bantal memang membuat sofa atau tempat tidur terasa lebih nyaman. Namun, menempatkannya terlalu banyak bisa membuat Anda merasa stres.

Tidak hanya bantal-bantal ini menghabiskan ruang yang sebenarnya bisa dipergunakan, tetapi juga bisa berakhir di lantai.

Hal ini tentu menjadikan rumah lebih berantakan dan meningkatkan hormon stres.

2. Sepatu di lemari

Survei dari Calivornia Closets menemukan bahwa 28 persen wanita melihat lemari mereka sebagai ruang paling penting untuk membuat ruangan lebih rapi.

Meski demikian, lebih baik menyimpan sepatu dengan cara menggantungnya misalnya pada lemari atau rak khusus. Apalagi, jika jumlah sepatu Anda cukup banyak.

3. Peralatan makan yang tidak serasi

Hampir semua orang mengoleksi piring dan gelas secara acak selama bertahun-tahun.
Penggunaan peralatan makan yang acak ini secara tidak langsung meningkatkan stres dibandingkan jika menggunakan peralatan makan yang serasi.

Agar peralatan tidak terbuang sia-sia, gunakan sesekali bergantian dengan peralatan makan satu set yang serasi.

4. Warna terang

Dinding dengan warna terang atau mencolok, misalnya kuning dan merah, dapat membuat Anda merasa stres.

Alih-alih menggunakan warna ini, pilihlah warna kalem seperti biru muda dan putih untuk membawa kedamaian pada rumah Anda.

Biru secara khusus bisa menurunkan tekanan darah dan membuat Anda lebih mengantuk, sehingga ideal diterapkan di kamar tidur.

5. Terlalu banyak lukisan

Mencampurkan beberapa lukisan di dalam satu desain kohesif lebih sulit daripada satu tema saja.

Kemudian, ketika pencampuran ini tidak sesuai, maka akan lebih sulit lagi mengembalikannya.

Jika tertarik pada lukisan, pastikan Anda menerapkan pola 60-30-10, yaitu lukisan yang paling besar mendominasi 60 persen ruangan, lukisan kedua 30 persen, dan lukisan aksen yang hanya sebesar 10 persen.

6. Rak yang penuh

Mengisi setiap senti rak rumah Anda dengan pernak-pernik, buku dan foto seringkali menambahkan estetika keseluruhan. Namun, tidak membuat ruangan lebih rapi.

Sebaliknya, cara ini justru menyebabkan peningkatan kortisol yaitu hormon stres, seperti yang diungkapkan pada penelitian Society for Personality and Social Psychology.

Tingkatkan ruang kosong dan simpan beberapa benda yang menurut Anda terasa bergairah saat dipajang.

7. Sofa tidak nyaman

Sofa yang tidak nyaman adalah satu dari lima hal yang menahan Anda kembali ke rumah. Cobalah untuk meningkatkan sofa yang tidak hanya terlihat lebih baik, tapi membuat Anda merasa santai sejak pertama kali duduk di atasnya.


Sumber : Kompas


Previous
Next Post »