Galih Gumelar : Pembangunan Sebuah Kota Kabupaten Provinsi Bahkan Negara Tergantung Arsitek Pada Pemerintahannya

Arsitek.galihgumelar.org - Perkembangan sebuah wilayah ternyata bukan hanya sebuah perencanaan saja bahkan hanya konsep saja. Namun dibutuhkan tim yang berpengalaman dan memiliki pola ide desain yang mampu berkembang.


Zaman ini kita lihat kota-kota, kabupaten, provinsi bahkan negara membangun gedung gedung fasilitas pemerintahannya melalui pemerintah setempat. Mereka (pemerintah tersebut) biasanya setiap tahun melakukan pembangunan infrastruktur baik jalanan, sekolah, fasosfasum dan fasilitaas lainnya.

Sangat mudah diperhatikan jika ada sebuah kota atau kabupaten yang disain bangunannya konsep yang digunakan selalu  sama itu-itu saja, namun tidak sedikit pemerintah kota, kabupaten dan provinsi di Indonesia ini sudah mulai menggunakan konsep disain artitektur yang berkembang dan memiliki ciri khas.

Nah pada setiap pemerintah daerah pastinya memiliki perencana yang akan menjewantahkan konsep pembangunan yang biasanya sesuai dengan pola kepemimpinan saat itu dan rencana tahunan kedepan.


Galih Gumelar : "Wajah sebuah kota, kabupaten, provinsi bahkan sebuah negara tergantung dari para Arsitek yang dipunyai wilayah atau pemda tersebut. Seorang Bupati, walikota aatau gubernur memiliki program pembangunan fasilitas dan seegala bentuk pembangunan bangunan. Dan semua program pembangunan itu di bantu oleh tim perencana pada daerah / pemda itu, disinilah tim arsitek dibantu planologi, sipil melakukan pengkosepan, perencanaan desain yang harus mampu mengkuti perkembangan zaman tanpa kehilangan karakter daerah tersebut"

"Tidak jarang sebuah wilayaj kota atau kabupaten, bangunan swastanya begitu wah dan tertata terkonsep rapih namun bangunan dan fasilitiaas bangunan pemerintahnya tertinggal dari sisi konsep, tata ruang, bahan bahkan desainnya, sehingga wajah kota dan kabupaten tersebut timpang sebelah" Ujar Galih Gumelar.

Galih Gumelar : " Jadi dalam melakukan perencanaan, penataan, pendesainan dibutuhkan para arsitek yang handal, mumpuni dan benar benar seorang arsitek yang bisa mengembangkan ciri khas daerah tersebut"
Previous
Next Post »