Analisa Program dalam Arsitektur

arsitek.galihgumelar.org - Waktu yang paling efektif untuk melakukan perubahan adalah selama pemrograman. Ini fase proyek yang merupakan waktu terbaik bagi pihak yang berkepentingan untuk mempengaruhi hasil proyek.

Fungsi dapat dinyatakan sebagai nama kamar atau ruang. Mereka juga diidentifikasi sebagai daerah yang dibutuhkan untuk mengakomodasi fungsi tersebut. Mereka kemudian diterjemahkan ke dalam bentuk untuk membantu kita membandingkan secara visual ukuran satu sama lain.

Efisiensi Bangunan
Yang dimaksudh pemrograman adalah kegiatan menentukan "Program", atau seperangkat kebutuhan bahwa bangunan harus memenuhi. Setiap proyek terdiri dari beberapa daerah "ditugaskan" untuk fungsi-fungsi tertentu. Daerah ini biasanya dinyatakan dan diidentifikasi oleh buku klien atau data. (Neufert, Time Saver Standard, dll)


Daerah yang belum ditetapkan sangat substansial persen dari luas bangunan. Rasio Efisiensi gedung bervariasi secara signifikan untuk jenis bangunan yang berbeda. Jika dicatat secara tidak benar, dapat memiliki dampak negatif yang signifikan pada pembangunan kualitas proyek.Memperkirakan jumlah besaran ruang yang akan diperlukan untuk memperhitungkan masing-masing dari fungsi ruang, termasuk:

• Ruang Sirkulasi
• Dinding
• Mechanical and electric rooms
• Istirahat kamar
• dll.

Hubungan
Hubungan antara fungsi diilustrasikan sebagai diagram bubble tanpa mempertimbangkan ukuran ruang. Tahap kedua adalah untuk menggambarkan hubungan menggunakan ukuran sebenarnya dari fungsi. Tahap ketiga adalah untuk mendistribusikan fungsi di site menurut diagram bubble mereka yang disebut "Zonasi".


Sumber : berbagai sumber
Previous
Next Post »